Taman Sengkaling UMM, Rekreasi Favorit Wisatawan
Cari Berita

Advertisement

Taman Sengkaling UMM, Rekreasi Favorit Wisatawan

Sabtu, 15 Juni 2019

Taman rekreasi sengkaling UMM Malang

Malang, BERITAMA.id - Pasca liburan hari raya idzul fitri 1440 Hijriyah Taman Rekreasi Sengkaling UMM yang terletak di Jalan Raya Mulyoagung Nomor 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Jadi target wisatawan lokal dan mancanegara.

Taman Rekreasi Sengkaling UMM berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dengan Kota Batu, sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Taman Rekreasi Sengkaling dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Taman Rekreasi Sengkaling pertama kali didirikan sejak zaman Belanda oleh seorang warga Belanda bernama Mr. Coolman pada tahun 1950. Sekarang ini, Taman Rekreasi Sengkaling dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

"Pada tahun 1950-an. Pendirinya Mr. Coolman, orang Belanda. Sejak 2013 sampai sekarang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Malang,"kata Yeni Dwi Kurniawati, sebagai Koordinator Marketing Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Kepada Madurapos.co.id. Sabtu, (14/06/19)

Menurutnya, Taman Rekreasi Sengkaling UMM setiap harinya dipadati wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegarapun juga mengunjunginya.

"Dari tahun ketahun ada peningkatan. Setiap harinya ada sekitar enam ribuan, rata-rata wisatawan lokal, ada juga bahkan banyak dari luar negeri, karena Taman Rekreasi Sengkaling punyak Kapal Garden Hotel,"ucapnya

Sementara itu, kata Yeni Dwi Kurniawati, tiket masuk ke Taman Rekreasi Sengkaling di bandroel dikisaran 30 ribuan untuk paket pereorangan, dan 60 ribu untuk paket kano.

"Tiket masukya bervariasi mas, untuk perorangan 30 ribu sedangkan paket kano 60 ribu,"pungksnya.

Disisi lain, Husnol Khotimah salah seorang wisatawan asal Pamekasan Madura mengungkapkan perasaannya. Dirinya mengaku kali ini berkunjung dan sangat puas berwisata di Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Menurutnya, karena banyak aneka permainan dan pemandangan yang indah mempesona.

"Saya dari Pamekasan Madura. Ke tempat ini karena menurut orang di Taman Rekreasi Sengkaling UMM tempatnya bagus, strategis banyak permainan terlebih lagi suasananya indah memukau hati,"jelasnya.

Husnol menambahkan, dirinya sangat penasaran ingin minum dan berwudlu' disalah salah satu sumber yang ada yaitu Kolam Tirta Alam. Konon kabaranya, dipercayai bisa membuat orang awet muda dan sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mempercayainya

"Penasaran ingin minum dan berwudlu' di Sumber Tirta Alam itu mas. Konon katanya, sumber mata air itu dapat membuat orang awet muda,"pungkas Husnol Khotimah dengan wajah penasarannya.

Sekedar untuk diketahui, Taman Rekreasi Sengkaling UMM adalah tempat wisata keluarga, sesuai dengan slogannya Wisata Air Impian Keluarga, dan menyediakan berbagai macam wahana permainan demi memanjakan pengunjung, diantaranya adalah taman bermain, wahana permainan di darat dan air, gedung serbaguna, dan kolam pemandian. Luas keseluruhan Sengkaling sekitar 9 hektar dan 6 hektar di antaranya berupa taman dan pepohonan yang menyejukkan. (Red-safra'i)