Bupati Bangkalan Melantik BPD Se Kabupaten Bangkalan
Cari Berita

Advertisement

Bupati Bangkalan Melantik BPD Se Kabupaten Bangkalan

Jumat, 06 Desember 2019

Foto : Beritama.id

BERITAMA.ID, BANGKALAN - Sebanyak 1.940 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-kabupaten Bangkalan dilantik oleh Bupati Bangkalan di Halaman pemerintah kabupaten (Pemkab). Jumat, (6/12/19).

Pengambilan sumpah jabatan itu  berasal dari 256 desa dan 18 kecamatan, pengisian BPD ini sudah dimulai (9/10/19) mengacu Permendagri no. 110 tahun 2016, tentang BPD dan peraturan bupati no.31 tahun 2019 tentang petunjuk teknis pengisian anggota DPD.

Hal itu disampaikan oleh R. Abdul Latif Amin Imron Bupati Bangkalan, bahwa dengan dilantiknya anggota BPD ini, diharapkan mereka bisa berperan dalam pemerintahan desa dalam menyelenggarakan musyawarah, untuk membahas hal strategis dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

"BPD ini nantinya diharapkan mampu menyusun, membahas, dan menyepakati RPJMDes dan RKP desa," ujarnya saat memberikan sambutan di halaman pemkab Bangkalan.

Kader partai PPP itu juga menambahkan, bahwa banyak tugas yang harus dikerjakan oleh BPD setelah dilantik ini, seperti menyepakati APBDesa, serta laporan realisasinya.

"BPD bertugas mengawasi kinerja kepala desa," pungkas bupati Bangkalan.

Diketahui untuk sebagian desandi kabupaten Bangkalan, ada sebagian tidak melakukan pemilihan BPD, karena sebagian desa, masih ada masa jabatan untuk BPD periode sebelumnya.

Saat ditanyakan terkait gaji BPD, bupati Bangkalan tidak dapat menjawab hal itu, lantaran anggaran di masing-masing desa berbeda-beda.

"Tergantung desa masing-masing, tergantung APBDes nya," pungkasnya.(Red-Suryadi)