Antisipasi Penyebaran Covid-19, Lapas Pamekasan Tutup Sementara Pembesuk
Cari Berita

Advertisement

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Lapas Pamekasan Tutup Sementara Pembesuk

Jumat, 27 Maret 2020


Foto : Beritama.id
BERITAMA.ID, PAMEKASAN - Kesehatan merupakan anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada hamba-Nya.

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.

Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Namun, banyak orang yang ingin hidup sehat tapi justru tidak menjaga dan merawat tubuhnya agar sehat, seperti makan-makanan yang sehat dan berolahraga.

Tanpa kesehatan, hidup tak akan berarti. Terkadang orang lupa akan nikmat kesehatan yang dimilikinya karena terhanyut akan mimpi-mimpi indahnya.

Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penaggulangan, dan pencegahan Covid 19 serta gangguan kesehatan lainnya yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan pada seluruh petugas maupun narapidana.

Dalam mendukung dan mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah tersebut. Kalapas Hanafi, mulai tanggal, 20 Maret 2020 bagi pembesuk ditutup sementara hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Kami berupaya percepatan pemulihan, membatasi, serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan menutup besukan sementara hingga waktu yang tidak ditentukan,"Kata Hanafi. Kamis, (26/03/2020).

Selain penutupan besukan, Hanafi menyediakan cairan anti septic (dengan kandungan sodium hypochorine, crestol, alcohol, HOCL) di area public. Semua itu langkah awal pencegahan, penyebaran covid-19.

"Kami juga melakukan penyemprotan cairan antiseptic setiap keluar masuk Lapas di area pintu cek kesehatan secara regular kepada semua staf dan melakukan cek suhu badan setiap hari,"Imbuh Kalapas Pamekasan.

Menurut Hanafi, seluruh Napi berjemur setelah jam 10. Serta, memberikan pembekalan kepada staf Lapas Pamekasan perihal covid-19 dan pencegahannya.

Selama besukan ditutup, pihak lapas tetap memantau dan melakukan perawatan dan kebersihan terhadap lingkungan Lapas Pamekasan.

“Hal itu untuk memastikan setiap petugas lapas Pamekasan dan Narapidana tetap sehat,"pungkasnya. (Red-Durahman)