Menjelang Hari Raya Ketupat, Pantai Slopeng dan Lombang Tetap Ditutup
Cari Berita

Advertisement

Menjelang Hari Raya Ketupat, Pantai Slopeng dan Lombang Tetap Ditutup

Friday, May 29, 2020

Foto : Beritama.id
SUMENEP, (Beritama.id) - Jelang hari raya ketupat 1441 H/2020 M, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, gelar Rapat Koordinasi (Rakor), bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka), Kepala Desa (Kades), pemilik destinasi wisata dan instansi terkait.

Rakor tersebut berlangsung di Gedung Pertemuan Lapangan Kesenian Sumenep (LKS) Gotong Royong setempat, Kamis (28/05/2020) kemarin.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Bambang Irianto, mengatakan secara tegas apabila keputusan menutup objek wisata demi menekan merebaknya wabah covid-19 di Kabupaten ujung timur Pulau Madura itu.

“Keputusan tetap menutup objek wisata itu sebagai upaya antisipasi memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Pihaknya meminta kepada Kepolisian Resort (Polres), Komando Distrik Militer (Kodim) maupun Forkopimda, Forkopimka, Kades dan pemilik destinasi untuk melakukan penjagaan penutupan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Kita ketahui bersama ketika lebaran ketupat, warga biasanya berbondong-bondong mendatangi lokasi wisata. Ini yang harus diantisipasi. Makanya dilakukan penjagaan guna menghalau warga untuk tidak berkerumun atau masuk lokasi wisata,” paparnya.

Semua destinasi wisata, kata Bambang, harus ditutup dan tidak boleh ada yang buka, terutama yang harus diwaspadai dan diantisipasi yaitu pantai Lombang dan Slopeng. Sebab kedua wisata tersebut sudah menjadi budaya bagi masyarakat luas ketika pesta ketupat di tempat tersebut banyak pengunjung.

“Inilah pentingnya penjagaan dari aparat keamanan maupun pemilik destinasi wisata di lokasi wisata,” tegasnya.

Turut hadir dalam Rakor tersebut Kepolisian Sektor (Polsek) Batang-batang, Polsek Dasuk, Polsek Kota, Kepala Sataun (Kasat) Sabhara, Komando Rayon Militer (Koramil) 0827 Sumenep.

Hadir pula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kades Lombang, Kades Semaan dan Camat. (mp/hendra)